replica watches Iwan Syahril Sebut Sekolah Perlu Dukungan Pemimpin yang Kompeten - Bestari

Iwan Syahril Sebut Sekolah Perlu Dukungan Pemimpin yang Kompeten

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Iwan Syahril mengatakan pemerintah tengah berupaya mengoptimalkan peran kepemimpinan dalam institusi pendidikan sekolah. Menurutnya sekolah-sekolah dapat maju dan berkembang apabila memiliki kepala sekolah yang berkompeten memimpin lembaganya.

“Kita berfokus pada penekanan kepemimpinan yang ada di sekolah tersebut karena sekolah yang bagus kita bisa lihat ada kepala sekolah yang keren-keren,” dilansir akun Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, Rabu (22/12).

Iwan Syahril juga mengatakan seluruh program yang dirancang Kemendikbudristek bermuara pada peningkatan mutu siswa melalui penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang berlangsung di sekolah. Hal tersebut disampaikannya pada Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) ke-16 yang mengusung topik “Bincang Inspiratif bersama Pendidik Inovatif”.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan, “Sekolah yang bagus itu bukan terletak pada infrastrukturnya saja yang bagus, melainkan juga esensi substansinya juga harus menjadi perhatian yang lebih penting.”

Meskipun demikian, infrastruktur juga tetap menjadi prioritas utama dalam menciptakan pendidikan yang baik. Hal ini agar pembelajaran yang dilakukan di sekolah berjalan efektif karena murid dan guru merasa nyaman saat belajar.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan atau mutu siswa perlu adanya daya dukung berupa fasilitas, sarana prasarana, dan infrastruktur yang memadai. (Demikian) agar guru dan siswa nyaman dalam melaksanakan proses pembelajaran,” tulis akun Instagram @anhyezdeporrez.

Anis Shaidah Ulfah, Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ummul Quro, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menceritakan pengalamannya mengikuti seleksi program Sekolah Penggerak. Meskipun awalnya sempat ragu-ragu, ia mengutarakan setelah diikuti prosesnya transparan, tidak berbelit, dan otentik. Ia merasa sangat bersyukur karena pemerintah juga menaruh perhatian kepada sekolah swasta.

“Justru setelah kami mengikuti (program) Sekolah Penggerak ini, saya berasa punya navigasi sebagai masinis sekolah. Membawa gerbong guru-guru kami di sekolah, kami lebih terarah apa yang harus kami lakukan kedepan,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDIT Ummul Quro ini juga terus berupaya mengembangkan potensi peserta didiknya. Melalui program Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak menurut Anis membuka peluang bagi para guru untuk mencoba hal-hal baru. Ia mengatakan akan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif namun tetap berorientasi pada kebutuhan siswa.

“Kami berupaya untuk menciptakan kurikulum yang dapat membantu guru-guru di sekolah menghasilkan pembelajaran yang bermakna,” jelasnya.

 

Baca Juga:

Kemendikbudristek Gelar Webinar “Bincang Inspiratif Bersama Pendidik Inovatif”

Merespon Transformasi Pendidikan Digital, SMSG Adakan Webinar Hybrid Learning

Paragon Luncurkan Festival Penggerak Kebaikan Bertajuk “Muda, Bergerak, Berdampak”

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Get in Touch

Latest Posts